Iklan

Sebanyak 106 KK Warga Desa Barugaiya Selayar Terima BLT-DD

Selayar Pos
Senin, 18 Mei 2020, 13:39 WIB Last Updated 2020-05-18T06:39:43Z
 Sebanyak 106 KK Warga Desa Barugaiya Selayar Terima BLT-DD

SELAYAR POS ■ Pemerintah Desa Barugaiya, Kecamatan Bontomanai salurkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD), bertempat di Aula Kantor Desa Barugaiya, pada Senin (18/5).

Hadir dalam kegiatan ini Plt. Kepala Dinas PMD Kabupaten Kepulauan Selayar Irwan Baso, S.STP., Camat Bontomanai Zulfikri, S.IP, Kepala Desa Bungaiya, Muh. Yusri, S. Si., Danramil Kecamatan Bontomanai, Babinsa, Bimmas, Tim Pendamping Desa,  Perangkat Desa Bungaiya dan penerima manfaat BLT Dana Desa.

Camat Bontomanai Zulfikri, S.IP. menyampaikan bahwa penyaluran BLT DDS bagi masyarakat yang terdampak COVId-19 merupakan sebagai upaya pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian Desa dan Daerah Tertinggal yang melalui APBDes Barugaia untuk membantu beban masyarakat yang kurang mampu dan kehilangan mata pencaharian.

"Dengan adanya himbauan pemerintah pembatasan aktivitas diluar rumah karena adanya wabah Virus corona yang setiap saat bisa mengancam kesehatan bahkan bisa mengakibatkan korban jiwa. Sehingga sebagian masyarakat kehilangan penghasilan dalam pemenuhan kebutuhan sehari-hari, karena itu Pemerintah menyalurkan BLT Dana Desa ini," ungkap Zulfikri.

Sementara itu, Kepala Desa Barugaia Muhammad Yusri, S.Si mengungkapkan bahwa Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DDS) yang terima oleh masyarakat dalam keadaan utuh sebesar Rp. 600.000 per bulan, akan diterima selama 3 bulan yakni periode Bulan April sampai dengan Bulan Juni 2020.

"Penerima manfaat BLT di Desa Barugaiya itu sebanyak 106 KK. Harapan kami selaku Pemerintah Desa bahwa dengan adanya BLT ini, dapat bermanfaat secara maksimal sehingga dapat membantu meringankan beban masyarakat selama mewabahnya Virus china atau covid-19 yang entah kapan berakhir," ungkapnya.

Ditempat yang sama, Koordinator Pendamping Desa Kecamatan Bontomanai Nur Arrahman, ST. menyampaikan bahwa terkait penyaluran BLT Dana Desa menjadi solusi bagi masyarakat yang kena dampak covid-19, kedepan di butuhkan singkoronisasi data degan OPD terkait agar satu pintu supaya tidak ada lagi penerima ganda, hal ini berakibat desa melakukan 3 kali musdes penetapan BLT-DDS.

Salah satu penerima BLT, Daeng Limbang alamat Dusun Bori saat di wawancarai oleh pewarta menyampaikan bahwa dengan adanya BLT sangat membantu perekonomian keluaraga.

"Sangat tepat ini waktunya pak, kondisi perekonomian keluarga yang lagi mandek dan kegiatan mencari nafkah terhenti akibat covid 19. Saya kodong kerja serabutanji," ungkap Daeng Limbang.

Penyaluran BLT DDS di Desa Barugaia walaupun pelaksanaannya di Kantor Desa Barugaia dengan mengumpulkan masyarakat akan tetapi tetap menerapkan protokol kesehatan sehingga masyarakat diatur sedemikian rupa sehingga tetap menjaga jarak atau phisical distancing demi mencegah penyebaran Virus Korona dan dianjurkan menggunakan masker dan mencuci tangan ketika masuk di halaman kantor Desa Barugaia.

■ AFD

Komentar

Tampilkan

Berita Terbaru