Iklan

Salurkan BLT Dana Desa, Kades Teluk Kampe Door to door Temui Warga Terdampak Corona

Selayar Pos
Jumat, 01 Mei 2020, 02:06 WIB Last Updated 2020-04-30T19:06:36Z
  Salurkan BLT Dana Desa, Kades Teluk Kampe Door to door Temui Warga Terdampak Corona

SELAYAR POS ■ Pemerintah Desa Teluk Kampe, Kecamatan Pasimasunggu mulai salurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang bersumber dari Dana Desa telah cair di bulan lalu.

Keluarga miskin di desa teluk kampe yang terdampak pandemi Covid-19 telah menerima penyaluran perdana Rp 600 ribu perbulan setelah melalui musyawarah khusus tentang penegasan juknis penerima BLT-DD.

Pemerintah kecamatan pasimasunggu menuturkan bahwa pihaknya telah memperoleh kabar dari pemerintah desa teluk kampe yang telah menyalurkan bantuan lansung tunai kepada masyarakat yang bersumber dari dana desa, pada Kamis (30/4/2020).

"Desa teluk kanpe telah melakukan penyaluran BLT Dana Desa sebesar Rp600.000 perkeluarga kepada 83 keluarga miskin untuk bulan pertama. Karena desa ini berada di pulau jauh dari akses perbankan, maka pembayaran dilaksanakan secara tunai," ungkap Siregar S.Stp.M.si camat pasimasunggu

Saat dikonfirmasi H. Wahab Kepala Desa Teluk kampe, Kecamatan Pasimasunggu, Kabupaten Selayar, Provinsi Sulsel mengatakan bahwa telah menyalurkan BLT Dana Desa, yang bersumber APBDes dari dana desa Tahap I sebesar Rp. 49,800.000 disalurkan kepada 83 keluarga miskin senilai Rp 600.000 per keluarga di bulan pertama.

"Selama penyaluran berlangsung, kami bersama perangkat desa didampingi Babinsa, Babinkamtibmas, perangkat desa dan pendamping desa dalam menyalurkan BLT di kantor desa dan mengantarkan langsung ke rumah warga dan mendatangi langsung rumah keluarga miskin untuk membagikannya uang secara secara tunai," Ungkap, H. Wahab yang juga kades teluk kampe dua periode itu.

Dia menjelaskan penyaluran BLT dilakukan melalui dua metode, door to door bagi yang punya penyakit kronis karena tidak bisa ke kantor desa dan penyaluran juga dilaksanakan di kantor desa dengan tetap mengacu protokol covid 19.

"Kita mendukung program pemerintah dalam memutus mata rantai penyebaran COVID-19," imbuhnya.

Di tempat yang sama, Hasimuddin selaku pendamping desa saat mendampingi pembagian BLT menuturkan bahwa, pembagian dana bantuan langsung ini di peruntukkan bagi warga miskin yang bukan penerima PKH dan BPNT.


"Penyaluran BLT Dana desa ini yang pertama di lakukan pemerintah desa teluk kampe sebanyak 83 kk warga miskin, insha allah penyaluran selanjutnya akan dilakukan di desa mamminasa kecamatan pasimasunggu."Jelas  hasimuddin selaku pendamping desa.

BLT Dana Desa berjumlah Rp600 juta per keluarga miskin, yang dibayarkan setiap bulan dimulai dari April hingga Juni 2020.

Sekedar diketahui Peraturan Menteri Desa PDTT Nomor 6 Tahun 2020 masyaratkan prioritas penggunaan dana desa tahun 2020 dialihkan ke Desa Tanggap Covid-19, Padat Karya Tunai Desa (PKTD) dan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa.

■ Ircak
Komentar

Tampilkan

Berita Terbaru