Iklan

Ada Kesalahan Administrasi, 24 Desa di Selayar Belum Salurkan BLT-DD

Selayar Pos
Jumat, 22 Mei 2020, 19:49 WIB Last Updated 2020-05-22T12:49:25Z

SELAYAR POS ■ Sebanyak 57 Desa di Kabupaten Kepulauan Selayar sudah melakukan penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa, sampai hari ini, JUm'at (22/5).

Dari 57 Desa yang telah melakukan penyaluran BLT, ada sebanyak 5.672 KK di Kepulauan Selayar yang sudah menerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) ini, Sehingga total Dana Desa yang telah digunakan untuk BLT adalah sebanyak 3,4 Milyar lebih.

Demikian data yang diterima oleh Pewarta dari Tenaga Ahli Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (TA-P3MD) Kepulauan Selayar, Yusdanial, SE.

Saat dikonfirmasi oleh Pewarta, Kepala Bidang Bina Pemerintahan Desa Dinas PMD Kepulauan Selayar, Tajuddin Makka, S.STP., MM., membenarkan bahwa total Desa yang telah melakukan penyaluran BLT Dana Desa adalah 57 Desa, 5.672 KK penerima manfaat.

"Iya benar itu, data yang masuk ke teman-teman Pendamping Desa yang kemudian dilaporkan ke kami itu, total Desa yang melakukan penyaluran BLT Dana Desa, per hari ini, Jum'at (22/5) adalah sebanyak 57 Desa, dan total penerima manfaat itu sebanyak 5.672 KK", kata Tajuddin Makka.

"Sehingga total Dana Desa yang telah disalurkan untuk Bantuan Langsung Tunai itu adalah 3,4 Milyar lebih," imbuhnya.

Dengan demikian, sekitar 70 % desa di Kepulauan Selayar yang telah menyalurkan Bantuan Langsung Tunai.

Sementara itu di konfirmasi secara terpisah melalui pesan Whatsapp, Kepala Dinas PMD Kabupaten Kepulauan Selayar, Irwan Baso, S.STP., mengatakan bahwa terkait Desa yang belum melakukan pencairan Bantuan Langsung Tunai, nanti hari Selasa, (26/5) sudah bisa ke Bank Sulselbar Cabang Selayar untuk melakukan pencairan.

"Ada kesalahan administrasi saja, sehingga tidak bisa cair hari Rabu (20/5) kemarin", jawabnya.

Bagi 24 Desa yang belum melakukan pencairan BLT nya, silahkan ke Bank Sulselbar hari Selasa nanti, kami dari Pihak Dinas PMD sudah berkoordinasi dengan dengan pihak Bank Sulselbar, ungkap Irwan Baso.

"Desa yang belum menyalurkan BLT-nya sampai hari ini, hari Rabu nanti sudah salur semua", lanjutnya.


Lebih lanjut, ia menyampaikan agar para Kepala Desa tetap menyiapkan semua berkas-berkas yang berkaitan dengan Bantuan Langsung Tunai (BLT) ini.

"Hasil koordinasi dengan BPK dan BPKP agar semua desa tetap menyiapkan semua berkas, seperti berita acara hasil musyawarah desa validasi data dan penetapan penerima BLT, SK Kepala Desa tentang penerima BLT dan Perkades tentang penerima BLT," pungkas Irwan Baso.

■ afd


Komentar

Tampilkan

Berita Terbaru