Iklan

Kodim 1411 Bulukumba Gandeng PMI Gelar Donor Darah

Selayar Pos
Senin, 13 April 2020, 16:29 WIB Last Updated 2020-04-13T09:29:16Z

SELAYAR POS ■ Dalam mengantisipasi kebutuhan stok darah di tengah merebaknya virus Corona (Covid-19), Kodim 1411 Bulukumba bekerjasama dengan PMI melaksanakan kegiatan donor darah di Markas kodim 1411 Bulukumba, pada Senin (13/04/2020).

Kapten Kav Andi Mapparanru mengatakan kegiatan ini adalah langkah upaya kami bekerjasama dengan PMI untuk mengantisipasi melonjaknya kebutuhan darah di wilayah Bulukumba, sehingga memudahkan bagi tenaga medis untuk mencari transfusi darah bagi pasien yang membutuhkan.

"Kegiatan donor darah ini guna mengantisipasi melonjaknya kebutuhan darah di wilayah Bulukumba, sehingga memudahkan bagi tenaga medis untuk mencari transfusi darah bagi pasien yang membutuhkan," ungkap Kapten Kav Andi Mapparanru.

Di tempat yang sama, Letkol Arm Joko Triyanto, S. Pd, juga menyampaikan bahwa kegiatan donor darah seperti ini juga digelar di seluruh wilayah Jajaran Korem 141 Tp dalam rangka membantu pemenuhan ketersediaan darah di PMI.

"Dalam pelaksanaan donor darah ini. Bahwasannya agar selalu menjaga kesehatan, jangan malas untuk mencuci tangan menggunakan sabun/hand sanitizer kemudian sesuai anjuran pemerintah untuk Social Distancing, menghindari tempat keramaian dan apabila merasakan gejala demam disertai batuk dan pilek maka jangan takut untuk berobat ke Rumah Sakit terdekat," ungkap Dandim 1411 Bulukumba.

“Kegiatan ini bertujuan membantu PMI mengatasi kekurangan persediaan darah sebagai akibat Social Distancing untuk hadapi pandemi Covid 19 khususnya di wilayah Kodam XIV/Hasanuddin, Provinsi Sulawesi Selatan,” ujarnya Dandim 1411 Bulukumba.

Sementara Ketua Tim PMI Dr. Syauqi Darussalam lutfi mengatakan kegiatan ini rutin dilakukan setiap tahunnya, kerja sama antara TNI AD dalam hal ini Kodim 1411 Bulukumba dan PMI.

Pada tahun 2020 ini Kodim dan PMI kembali melaksanakan kegiatan serupa, ditengah suasana penanganan pandemi Covid-19 di Indonesia, khususnya di wilayah Kabupaten Bulukumba.

“Saya ucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada Kodim 1411 Bulukumba atas pelaksanaan donor darah ini, dimana hal ini tentu sangat membantu PMI dalam penyediaan darah di Bulukumba,” ungkapnya.

“Di masa-masa sulit sekarang ini dengan adanya pandemi Covid-19, kami kesulitan untuk melakukan kegiatan mobile unit yakni kegiatan pemeriksaan atau donor darah di luar, namun Kodim terus konsisten untuk melakukan kegiatan donor, sehingga ini sangat membantu ketersediaan darah di Bulukumba. Kami harapkan kegiatan seperti ini dapat terus terlaksana, mungkin secara periodik tiga bulan sekali, sehingga ketersediaan darah di Bululumba bisa tercukupi,” ungkap Ketua Tim PMI.

■ Ircak

Komentar

Tampilkan

Berita Terbaru