Bamsoet Terpilih Secara Aklamasi Jadi Ketua MPR Periode 2019-2024

Iklan Semua Halaman

Loading...

Header Menu

Bamsoet Terpilih Secara Aklamasi Jadi Ketua MPR Periode 2019-2024

Selayar Pos
Jumat, 04 Oktober 2019
Bamsoet Terpilih Secara Aklamasi Jadi Ketua MPR Periode 2019-2024

SELAYARPOS.COM ■ Ketua Fraksi Partai Gerindra di MPR Ahmad Riza Patria membacakan sikap fraksinya terkait pemilihan ketua MPR 2019-2024 pada Sidang Paripurna MPR, Kamis (3/10), di Kompleks Parlemen, Jakarta.

Hal itu dilakukan setelah skors Sidang Paripurna MPR dicabut. Riza mengatakan sejak awal, Fraksi Partai Gerindra mengusulkan Ahmad Muzani sebagai ketua MPR. Hal itu dalam rangka memastikan tugas fungsi dan wewenang MPR dapat berjalan sebaik-baiknya.

Selain untuk memastikan amendemen terbatas UUD NRI 1945 terlaksana, menurut Riza, juga memastikan GBHN terlaksana dengan baik. “Memastikan Empat Pilar MPR yakni Pancasila, UUD NRI 1945, Bhinneka Tunggal Ika dan NKRI dapat diimplememtasikan baik,” kata Riza.

Oleh karena itu, ujar Riza, pihaknya terus melakukan upaya. Namun, kata Riza, demi kepentingan lebih besar, bangsa, negara, persatuan dan kesatuan dalam rangka menjaga muruah, pihaknya mengedepankan musyawarah mufakat.

Riza menjelaskan, berdasar hasil konsultasi Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Prabowo Subianto, dengan Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri, tercapailah kesepakatan untuk kepentingan lebih besar.

“Maka Bapak Prabowo dan Ibu Mega bersepakat untuk kepentingan yang lebih besar, menjaga forum musyawarah dalam berbagai kebijakan penting dalam membangun bangsa dan negara,” kata Riza.

Pimpinan sementara Sidang Paripurna MPR Abdul Wahab Dalimunthe kemudian meminta penegasan kepada Riza, soal sikapnya terkait pemilihan ketua MPR.

Wahab menjelaskan bahwa delapan partai politik dan DPD sudah sepakat memilih Bamsoet. “Dalam kesempatan ini apakah Gerindra setuju Bambang Soesatyo ketua MPR,” kata Wahab.

Riza pun menjawab bahwa Gerindra setuju Bambang ketua MPR. “Kami Fraksi Partai Gerindra sepakat dan setuju usung Bapak Bambang Soesatyo sebagai ketua MPR periode 2019-2014,” ujar Riza.

Abdul Wahab Dalimunthe didampingi Hillary Brigitta Lasut langsung meminta persetujuan anggota. “Oleh karena itu dengan persetujuan Fraksi Partai Gerindra terakhir, maka dengan sendirinya musyawarah mufakat, secara aklamasi Bambang Soesatyo terpilih jadi ketua MPR RI periode 2019-2024. Setuju?” kata Wahab.

Kompak, anggota MPR menjawab setuju. Bahkan ada yang memberikan tepuk tangan sambil berdiri. Sidang kemudian diskors untuk persiapan pengambilan sumpah jabatan.

Setelah skors dicabut, Sesjen MPR Ma’ruf Cahyono membacakan petikan surat keputusan. Kemudian, Ketua Mahkamah Agung Hatta Ali memandu pembacaan sumpah jabatan ketua dan wakil ketua MPR.(jp)