BPPD Kabupaten Kepulauan Selayar Genjot Formulasi Strategi Pariwisata

Iklan Semua Halaman

Loading...

Header Menu

BPPD Kabupaten Kepulauan Selayar Genjot Formulasi Strategi Pariwisata

Selayar Pos
Rabu, 18 September 2019
BPPD Kabupaten Kepulauan Selayar Genjot Formulasi Strategi Pariwisata

SELAYARPOS.COM ■ Guna meningkatkan tingkat kunjungan ke Selayar, Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Kabupaten Kepulauan Selayar terus berupaya maksimal menyerap informasi dengan berbagai masukan dari daerah wisata di tanah air.

Tak hanya itu, BPPD juga mengarahkan formulasi strategi pariwisata jangka panjang, dengan menggenjot destinasi bagi wisatawan domestik maupun turis manca negara.

Saat ini, bidikan itu juga mengarah pada Special Interest Tourism (SIT) atau yang disebut pariwisata minat khusus. Program ini merupakan jenis pariwisata dimana wisatawan melaksanakan perjalanan untuk belajar dan berupaya mendapat pengalaman baru tentang sesuatu hal di daerah yang dikunjungi.

Paparan ini diungkap H. Rakhmat Zaenal, Direktur Eksekutif Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Kabupaten Kepulauan Selayar, dalam sebuah perbincangan dengan Pewarta, disela sela mengikuti Forum Orientasi Lapangan BPPD ke Banyuwangi, Jawa Timur,  pada Rabu (19/9).

Forum Orientasi Lapangan adalah salah satu kegiatan Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Kabupaten Kepulauan Selayar yang dilaksanakan dengan tujuan melihat dan mempelajari promosi pariwisata berbasis teknologi infomasi.

H. Rakhmat Zaenal mengatakan bahwa pelaksanaan event pariwisata juga harus dibarengi dengan strategi promosi yang harus diarahkan sebagai aktifitas ekonomi yang bisa mendorong pengeluaran (spending) pengunjung pada setiap event yang dilaksanakan.

Dalam Forum Orientasi Lapangan ini juga, tim akan melihat bagaimana pengelolaan Desa Wisata dan homestay dimana masyarakat menjadi pelaku utama, dan peran OPD dalam mendukung semua itu.

Selain itu, pengelolaan Industri Perikanan menjadi materi tambahan kunjungan lapangan ke Banyuwangi karena berkaitan dengan pengelolaan sumberdaya secara berkelanjutan, jelasnya.

Pada pelaksanaan orientasi lapangan tersebut, BPPD Kabupaten Kepulauan Selayar didampingi beberapa Perangkat Daerah yang terkait dengan pengembangan Pariwisata.

Adapun jadwal kunjungan peserta Forum Orientasi Lapangan direncanakan selama 2 (dua) hari di Kabupaten Banyuangi pada tanggal 18 s/d 19 Sepember 2019. (RED)